jenis umpan pancing buatan

Jenis umpan pancing buatan semakin beragam dan banyak dijual dipasaran. Ini  menjadi satu keuntungan tersendiri bagi kita yang hobi memancing. Dengan menggunakan umpan pancing buatan, kita dapat menghemat biaya memancing, karena umpan dapat digunakan beberapa kali. Selain itu, bagi yang jijik dengan umpan pancing alami, umpan ini bisa menjadi alternatif terbaik.
Sekarang, di daerah perairan mana saja kita bisa memancing dengan menggunakan berbagai jenis umpan pancing butan yang cocok dengan jenis ikan yang akan kita buru. Jadi tidak hanya di laut, memancing di air tawar seperti danau, sungai atau rawa bisa menggunakan umpan buatan.  
Berikut beberapa jenis umpan pancing buatan yang wajib diketahui :
1.      Froggy
jenis umpan pancing buatan

Jenis umpan pancing buatan ini umumnya didesain mirip seperti katak. Dengan umpan ini kita bisa mengincar ikan gabus dan ikan toman. Banyak jenis dari froggy ini namun yang paling populer adalah soft frog dan jump frog. Soft frog dapat anda gunakan di daerah danau atau rawa yang dipenuhi tanaman liar seperti eceng gondok.
2.      Floating
Ini merupakan jenis umpan pancing buatan yang bisa terapung dipermukaan air. Pada Umumnya bibir umpan ini terbuat dari bahan plastik atau alumunium yang sifatnya ringan. Umpan buatan ini sangat cocok digunakan untuk memancing ikan-ikan yang berenang di permukaan air.
3.      Rapping
Umpan ini umumnya hanya mencapai kedalaman pertengahan air antara terapung dan tenggelam, dan bergerak secara zig zag layaknya ikan hidup. Beratnya tidak lebih dari 27 gr.
4.      Sinking
Umpan ini dapat tenggelam di dasar air. Karena umpan ini terbuat dari logam sehingga akan cepat turun kedasar air. Ada dua jenis umpan ini yaitu Slow sinker dan Fast Sinker. Slow sinker merupakan umpan yang hanya mencapai pertengahan kedalaman air sedangkan fast sinker dapat tenggelam sampai ke dalam. Nah bagi anda yang sedang mengincar ikan-ikan predator dapat mengandalkan umpan ini. Soalnya sebagian besar ikan predator berukuran besar senang berenang di dasar air.
5.      Spoon
Gemerlap dan aksi memutar meruapak ciri dari umpan buatan yang satu ini. Diberi nama spoon karena bentuknya yang mirip kepala sendok. jenis umpan pancing buatan ini sangat cocok untuk memancing di daerah perairan yang arusnya deras seperti sungai. Ikan hampela, masher, tawes, dan terkadang ikan nila suka menyambar umpan ini.   
Next Post Previous Post