Umpan Tiruan Ikan Toman

Sama halnya seperti ikan gabus, ikan toman juga dijuluki dengan snake head karena Ikan toman merupakan ikan predator yang memiliki kepala seperti ular. Ikan toman memiliki nama latin Channa micropeltes dan berkerabat dengan ikan gabus. Ikan toman menyukai umpan tiruan yang memiliki action mengeluarkan suara atau getaran di air. suara atau getaran yang dikeluarkan oleh umpan tiruan atau lure akan membuat ikan toman marah atau hanya sekedar penasaran saja. Jadi tips untuk memilih umpan tiruan ikan toman adalah umpan yang mengeluarkan getaran dan suara cukup keras.
Berikut ini umpan tiruan yang digunakan untuk casting ikan toman:
1.    Jump Frog
Jump Frog merupakan salah satu jenis umpan tiruan yang biasanya di desain menyerupai bentuk katak. Seperti namanya, jump frog memiliki action seperti seekor katak yang melompat dari atas air menyebrangi sungai atau danau. Jump frog adalah umpan tiruan favorit bagi para pemancing ikan toman. Lure jenis jump frog sangat cocok untuk enggoda ikan toman ukuran besar, tiap lompatan jump frog menghasilkan suara dan getaran yang akan menarik perhatian ikan toman.
2.    Buzz Bait
Jika spot mancing ikan toman bersih dari tanaman liar, buzz bait adalah umpan mancing sandalan bagi para caster. Dengan adanya spiner yang berputar di atas air akan menimbulkan percikan dan suara yang cukup keras sehingga dapat terdengar sampai persembunyian ikan toman. Sehingga ikan toman penasaran akan mencari sumber suara spinner dan dengann sigap menyambar buzz bait tersebut.
3.    Soft Froggy
Umpan Tiruan Ikan Toman

Soft Frogy adalah umpan yang paling cocok untuk umpan mancing ikan toman di rawa atau danau yang penuh dengan tanaman seperti kangkung, eceng gondok dll karena ikan toman biasa bersembunyi  di bawah tanaman liar tersebut. Umpan jenis frogy sangat tepat karena tidak mudah tersangkut tanaman liar dan leluasa bergerak diantara tanaman air dengan action seperti katak mencari makan dan ikan toman yang melihat soft froggy akan segera menerkam lure tersebut.

Demikian informasi tentang umpan tiruan ikan toman, karena dengan cara tersebut adalah cara yang paling mudah memancing ikan toman disegala tempat. Untuk mendapatkan umpan tersebut disarankan agar anda membelinya saja, selain lebih mirip dengan aslinya, bahan yang digunakan juga tergolong bagus, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda pecinta mancing, terima kasih, semoga bermanfaat J
Next Post Previous Post