Umpan Pancing Buatan Untuk Air Tawar

Tidak hanya di laut, memancing juga bisa dilakukan dengan menyenangkan diperairan air tawar seperti sungai. Seperti halnya di laut, memnacing di air tawar juga bisa menggunakan umpan buatan.  Sekarang ini, sudah tersedia banyak umpan pancing buatan untuk air tawar. Jadi bagi anda yang merasa jijik dengan umpan alami bisa memanfaatkan umpan buatan ini sebagai alternatif terbaik. 
Dengan menggunakan umpan pancing buatan untuk air tawar ini kita bisa mendapatkan berbagai ikan  seperti ikan gabus, ikan wader, ikan batok, dan masih banyak lagi.
Berikut beberapa jenis umpan pancing buatan untuk air tawar yang wajib diketahui :
1.      Floating
Ini merupakan jenis umpan buatan yang bisa terapung dipermukaan air. Pada Umumnya bibir umpan ini terbuat dari bahan plastik atau alumunium yang sifatnya ringan. Umpan buatan ini sangat cocok digunakan untuk memancing ikan-ikan yang berenang di permukaan air sungai.
2.      Sinking
Umpan ini dapat tenggelam di dasar air sungai. Karena umpan ini terbuat dari logam sehingga akan cepat turun kedasar air. Ada dua jenis umpan ini yaitu Slow sinker dan Fast Sinker. Slow sinker merupakan umpan yang hanya mencapai pertengahan kedalaman air sedangkan fast sinker dapat tenggelam sampai ke dalam. Nah bagi anda yang sedang mengincar ikan-ikan predator dapat mengandalkan umpan ini. Soalnya sebagian besar ikan predator berukuran besar senang berenang di dasar air.
3.      Rapping
Umpan ini umumnya hanya mencapai kedalaman pertengahan air antara terapung dan tenggelam, dan bergerak secara zig zag layaknya ikan hidup. Beratnya tidak lebih dari 27 gr.
4.      Froggy

Umpan pancing buatan untuk air tawar ini umumnya didesain mirip seperti katak. Dengan umpan ini kita bisa mengincar ikan gabus dan ikan toman. Banyak jenis dari froggy ini namun yang paling populer adalah soft frog dan jump frog. Soft frog dapat anda gunakan di daerah danau atau rawa yang dipenuhi tanaman liar seperti eceng gondok.
5.      Spoon
Gemerlap dan aksi memutar meruapak ciri dari umpan buatan yang satu ini. Diberi nama spoon karena bentuknya yang mirip kepala sendok. Umpan ini sangat cocok untuk memancing di daerah perairan yang arusnya deras seperti sungai. Ikan yang yang menjadi target dari umpan pancing buatan untuk air tawar ini  adalah ikan hampela, masher, tawes, dan terkadang ikan nila juga suka menyambar. 
Next Post Previous Post