umpan buatan ikan gabus


Gabus merupakan ikan predator dari keluarga Toman. Di luar negeri gabus disebut dengan snakehead (kepala ular) sedangkan di Jawa biasanya disebut kutuk, ikan gabus kerap dikonsumsi sebab rasanya yang enak dan kaya akan manfaat dan protein yang sehat bagi tubuh manusia. Untuk memancing ikan gabus perlu memerlukan umpan, umpan buatan ikan gabus bisa menjadi alternatifnya.
Pertama-tama sebelum anda membuat umpan tiruan, anda harus tahu dulu apa saja yang dimakan oleh ikan gabus, dengan anda mengetahuinya maka anda sendiri akan menemukan bentuk umpan yang anda cari. Mari kita simak beberapa jenis umpan buatan ikan gabus:
1.    Soft Frog
Soft frog sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam memancing ikan gabus. Umumnya soft frog berbentuk kodok, tetapi saat ini telah berkembang menjadi berbagai bentuk, ada curut dan kepik. Keunggulan dari umpan tiruan ini adalah teksturnya yang lembut dan tidak mudah tersangkut tanaman.
Saat anda ingin membeli soft frog, carilah yang bagus dan killer juga bertekstur empuk dan tidak terlalu keras. Hal ini bertujuan agar memudahkan kail menancap ke mulut ikan gabus. Selain itu pilih warna yang gelap seperti hitam atau coklat karena warna tersebut cocok untuk casting ikan gabus saat cuaca cerah siang hari.
2.    Viva Mazzy Frog
Sama seperti soft frog, Mazzy frog juga merupakan umpan buatan ikan gabus yang berbentuk katak. Mazzy frog adalah Umpan buatan yang memiliki daya tarik bagi ikan gabus. Jenis ini terbuat dari bahan karet lembut dan lunak sehingga memberikan tekstur alami layaknya katak asli.
3.    Mouse Frog Soft Lure
Mouse frog soft lure ini adalah umpan buatan yang berbentuk seperti tikus mungil yang terbuat dari bahan plastic yang lembut dan lunak, pastinya ikan gabus akan tertarik melihat umpan buatan tersebut. Gabus adalah termasuk ikan yang sangat rakus dan agresif sehingga jika anda memancing dan menggunakan umpan apapun pasti akan dimakan oleh ikan gabus termasuk tikus kecil dan juga kodok.

umpan buatan ikan gabus
Demikianlah ulasan mengenai jenis umpan buatan ikan gabus, anda bisa menggunakannya dengan cara mencoba satu persatu dari beberapa jenis umpan buatan tersebut saat akan memancing, anda juga bisa buat sendiri umpan tiruan tersebut dengan bahan dan alat-alat yang sederhana. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi para pecinta mancing, sekian dan terimakasih, semoga bermafaat J
Next Post Previous Post